by Rendi Mahendra - Espos.id Otomotif - Selasa, 4 Juli 2023 - 20:08 WIB
Esposin, SOLO-Tak banyak yang tahu Yamaha juga pernah mengembangkan mesin mobil. Padahal selama ini, pabrikan asal Jepang ini dikenal sebagai produsen kendaraan roda dua dan alat musik. Simak ulasannya di info otomotif kali ini.
Yamaha pernah bekerjasama dengan pabrikan mobil terkenal seperti Toyota, Volvo, hingga Ford untuk merancang mobil. Meskipun beberapa mobil yang dirancang Yamaha tak berhasil diterima dengan baik oleh pasar, beberapa mobil yang lain justru jadi koleksi yang harganya makin hari makin mahal.
Berikut ini deretan mesin mobil yang pernah diproduksi Yamaha seperti dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (4/7/2023):
Disebut-sebut mesin V10 4,8 liter racikan Yamaha ini merupakan salah satu mesin mobil jalanan terbaik yang pernah dibuat. Di samping itu keunggulan dari V10 mempunyai suara yang terdengar lebih merdu, banyak yang menyebut suaranya seperti lengkingan malaikat.
Yang menarik dari semua rancangan Yamaha itu adalah Altezza RS200 bermesin 3S-GE itu. Altezza RS200 merupakan satu-satunya mobil yang dilengkapi dengan unit 3S-GE generasi kelima dan terakhir. Kemudian disebut sebagai BEAMS atau 'Breakthrough Engine with Advanced Mechanism System'. BEAMS memiliki sistem timing katup variabel, katup titanium, dan tanda tenaga puncak 7600rpm, di mana 207bhp dikirim ke roda belakang.
Sebaliknya, Volvo meminta Yamaha untuk mengembangkannya dengan persyaratan yang ketat, dan lahirlah 'B8444S'. M Mesin yang muncul dari usaha patungan ini sangat kompak, dengan sudut bank silinder sempit 60 derajat daripada 90 derajat yang biasa. Blok dilemparkan dengan tunggangan pemasangan untuk pendukung sehingga braket penyedot ruang tidak diperlukan, dan bahkan Yamaha mengimbangi bank silinder dengan setengah silinder untuk meningkatkan kesesuaian di ruang mesin XC90.
Mesin tersebut juga digunakan di S90, sebelum dihentikan pada tahun 2010. Versi yang dimodifikasi besar-besaran akhirnya dipasang di tengah supercar Noble M600.
Faktanya, lompatan Taurus ini menyamai dan melampaui keluaran beberapa V8 Foxbody Mustang pada zaman itu. Mesin ini juga dipakai generasi kedua Taurus SHO pada tahun 1992, kemudian diturunkan untuk mobil generasi ketiga 96-on yang mendukung V8 3,4 liter yang dibuat dari blok Cosworth dengan kepala silinder yang berasal dari Yamaha.
Ingin melepaskan citra yang membosankan, Toyota setuju untuk bergabung, memberikan keleluasaan terhadap Yamaha untuk mengerjakan proyek 2000GT. Hingga akhirnya bentuknya ditulis oleh Satoru Nozaki dari Toyota, tetapi Yamaha memainkan peran utama dalam merancang, merekayasa, dan memproduksi mobil tersebut, menghasilkan 351 contoh selama tiga tahun.
Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul 5 Mobil Ini Ternyata Dikembangkan Yamaha