by Akhmad Ludiyanto - Espos.id Otomotif - Kamis, 14 September 2023 - 23:38 WIB
Esposin, SOLO – Mobil bekas yang terlihat bagus dari luar bisa jadi pernah mengalami tabrakan. Berikut ini cara memeriksa mobil dari kemungkinan bekas tabrakan.
Membeli mobil bekas tidak semudah dibayangkan. Seringkali beberapa orang terkecoh dengan harga yang miring. Nyatanya harga bukan faktor utama dalam membeli mobil bekas.
Tidak ada yang tahu pasti riwayat sebuah mobil bekas. Bisa jadi mobil yang terlihat bagus memang benar-benar bagus dan memiliki riwayat normal, tetapi bisa jadi juga mobil tersebut pernah mengalami hal buruk seperti tabrakan atau kecelakaan di waktu lampau.
Bahkan penjual yang mungkin tahu riwayat buruk mobil itu pun kadang menyembunyikannya.
Bahkan penjual yang mungkin tahu riwayat buruk mobil itu pun kadang menyembunyikannya.
Sementara sudut toe merupakan sudut kedalaman roda jika dilihat dari atas mobil. Sudut ini secara normal berada pada posisi ke dalam (toe-in) dengan sudut antara 0,08 hingga 0,25 derajat.
Lalu, sudut camber yaitu sudut kemiringan ban jika dilihat dari depan dan belakang mobil. Sudut ini umumnya 0,5 sampai 1 derajat ke dalam (camber negatif).
Ini bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah mengalami perbaikan setelah tabrakan. Disarankan mobil yang rangkanya sudah dilas atau bengkok perlu dihindari untuk dibeli.
Kendaraan yang mengalami kecelakaan sudah pasti mengalami bengkok atau patah. Sehingga pemilik mobil akan berupaya mengganti bagian rusak tersebut dengan rangka baru.
Cek bagian rangka mobil yang bisa terlihat mudah secara kasat mata. Kamu bisa membawa kendaraan yang akan dibeli ke mekanik terpercaya untuk inspeksi lebih lanjut.
Baut-baut pada mobil usai direparasi akibat kecelakaan tidak sesuai atau terpasang dengan kurang presisi. Baut ini bahkan bisa terdapat karat atau goresan bekas bongkar-pasang
Perhatikan celah pada setiap sisi celah bodi. Contohnya, apabila penutupan kap mesin tidak rata antara sisi kanan dan sisi kirinya, maka wajib curiga. Pastikan celah bodi presisi dan panel per panel bodi tidak pernah diganti.
Demikian cara memeriksa mobil dari kemungkinan bekas tabrakan.